Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Meskipun kata itu sendiri menggambarkan hanya satu agenda, iklan online biasanya dibagi menjadi beberapa bagian atau teknik. Menurut para professionasl Internet Advertising, iklan online meliputi beberapa teknik seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari(search engine), iklan banner (banner ads), Rich Media Ads (periklanan dengan melibatkan media interactiv digital seperti audio dan video streaming), iklan jaringan sosial (social network advertising), iklan online berdasarkan klasifikasi (online classified advertising), jaringan periklanan (advertising networks) dan e-mail marketing, serta bahkan e - mail spam.
Menurut konsultan Internet Advertising, keuntungan
menggunakan iklan online meliputi:
Segera menerbitkan informasi dan
konten. Salah satu dari banyak perjuangan mendirikan sebuah iklan adalah waktu
bahwa perusahaan-perusahaan harus menunggu sebelum benar-benar membuat iklan
mereka di publikasikan. Online advertising, bagaimanapun, membuat ini lebih
mudah dan lebih cepat, serta tidak membatasi cakupan geografis dan waktu. Untuk
itu, iklan interaktif yang muncul menghadirkan tantangan-tantangan segar bagi
pengiklan, yang hingga kini masih mengadopsi strategi interruptive (contoh
iklan TV).
Efisiensi investasi pengiklan.
Online advertising memungkinkan untuk penyesuaian iklan, termasuk konten dan
diposting website. Sebagai contoh, AdWords dan AdSense memungkinkan iklan yang
ditampilkan di halaman Web yang relevan atau berada disamping hasil pencarian
dengan kata kunci yang telah dipilih dulu.
Metode Pembayaran. Apa pun variasi
pembelian yang dipilih, pembayaran biasanya relatif dengan respon audiens, apa
lagi dengan banyaknya payment processor online yang ada saat ini banyak
tersedia seprti paypal, alertpay, Neteler dan ain sebagainya.
Banner
Pada halaman Web, tampilan iklan grafis terhubung ke halaman web pengiklan
Pada halaman Web, tampilan iklan grafis terhubung ke halaman web pengiklan
2. Keyword Banner
Banner iklan yang muncul ketika sebuah kata yang telah ditentukan dipertanyakan dari mesin pencari
3. Random Banner
Banner iklan yang muncul secara acak, bukan sebagai hasil dari aksi pengguna
Banner iklan yang muncul secara acak, bukan sebagai hasil dari aksi pengguna
4. Keuntungan
dan Keterbatasan Banner Iklan
Manfaat utama adalah
pengguna ditransfer langsung ke situs pengiklan
- Kerugian utama dari spanduk adalah biaya mereka
- Kerugian utama dari spanduk adalah biaya mereka
5. Banner
Swapping
Sebuah perjanjian/kesepakatan antara dua perusahaan untuk setiap tampilan iklan banner lain
di situs Web-nya
6. Banner
Exchanges
Pasar di mana perusahaan
dapat melakukan perdagangan atau
pertukaran penempatan iklan
banner di situs web masing-masing
7. Pop-up
Ad
Sebuah iklan yang muncul di jendela terpisah sebelum, sesudah, atau selama surfing internet atau ketika membaca e-mail
Sebuah iklan yang muncul di jendela terpisah sebelum, sesudah, atau selama surfing internet atau ketika membaca e-mail
8. Pop-under Ad
Sebuah iklan yang muncul di bawah jendela browser yg digunakan, sehingga ketika pengguna menutup jendela aktif iklan masih di layar
Sebuah iklan yang muncul di bawah jendela browser yg digunakan, sehingga ketika pengguna menutup jendela aktif iklan masih di layar
9. E-Mail Advertising
Sebuah
iklan yang ada di dalam e-mail
10. Newspaper-Like and Classified
Ads
Iklan Baris adalah
bentuk iklan yang sangat umum
dalam surat kabar, majalah
online dan lainnya yang dapat dijual atau dibagikan
secara gratis. Iklan di surat
kabar biasanya pendek, karena mereka dikenakan biaya untuk oleh garis, dan satu kolom
surat kabar yang luas
11.
Periklanan Mesin Pencari
- URL
Listing
- Keyword
Advertising
- Search
engine optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara
sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan
kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari
menuju situs web
tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma
mesin pencari tersebut
Metode tidak etis iklan online
Selain metode etis periklanan online, seperti penggunaan aplikasi yang ramah pengguna, terdapat juga metode kelas iklan yang dianggap tidak etis dan bahkan mungkin dianggap ilegal. Ini termasuk aplikasi eksternal yang mengubah pengaturan sistem (seperti browser's home page), pop-up, dan memasukkan iklan ke dalam halaman web non-afiliasia, plikasi seperti itu biasanya dicap sebagai spyware atau adware.
Source : http://coretandigital.blogspot.com/2009/11/apa-dan-bagaimana-online-advertising.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar